Air Terjun Sipiso-piso, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

Admin
Air Terjun Sipiso-piso, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

Tidak jauh dari danau toba, ada wisata air terjun yang sangat indah. Wisata ini bisa dibilang salah satu andalan wisata di propinsi Sunatera Utara. Namanya Sipiso Piso.

Yang berarti seperti pisau, kecil meruncing jika terlihat dari jauh. Hal ini tak lain karena air terjun ini mengalir deras dengan arus setinggi 120 meter. Bisa dibilang salah satu air terjun tertinggi di Indonesia setelah air terjun ponot, madakaripura, nokan nayan, lembah harau dan batang kapas.

Air terjun Sipiso Piso terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melalui sebuah goa disisi kawah danau Toba. Air yang keluar dari goa yang berukuran tidak begitu besar itu sangat deras apalagi jatuh pada ketinggian 120 meter.

Lokasi

Air terjun Sipiso Piso terletak di Pengambaten, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dari kota besar Berastagi berjarak sekitar 35km. Bisa ditempuh dengan waktu sejaman. Sudah ada kendaran umum dari Kota Berastagi ke lokasi wisata air terjun Sipiso Piso menggunakan bus kecil atau besar.

Dari ibukota propinsi Sumatera Utara, kota Medan dapat ditempuh sekitar 2-3 jaman.

Tiket Masuk

  • Rp 7500 / dewasa
  • Rp 5000 / anak
  • Parkir Mobil Rp 5.000

Info : pembayaran sudah bisa menggunakan QRIS. Perlu diapresiasi terobosan dari pihak pengelola ini. Selain memudahkan juga untuk mengurangi pungli.

Sampai di lokasi pintu masuk, ada banyak pedagang makanan ringan seperti gorengan, jagung bakar dan penjual souvenir dari penduduk sekitar wisata. Dari sini sudah terlihat jelas danau toba dan air terjun Sipiso Piso dari kejauhan.

Perjuangan belum selesai lho, pengujung harus menuruni tangga beton ke bawah sampai ke air terjun. Jumlah tangganya sekitar 1200 an anak tangga. Butuh tenaga ekstra. Apalagi pas pulangnya nanti.

Sebelum turun, gunakan rain coat / jas hujan. Soalnya akan basah karena cipratan air terjun yang terkena angin. Atau sediakan baju pengganti jika niatan awal ingin bermain air di sungai sekitar air terjun.

Di lokasi parkiran sudah tersedia fasilitas umum berupa toilet dan tempat salin/ganti baju.